RSS

Manfaat Kucing bagi Anak-Anak

Sebagian besar keluarga yang memiliki kucing juga mempunyai anak-anak.
Kita mungkin bertanya pada diri kita sendiri, mengapa orangtua yang harus membesarkan keluarga bersedia untuk memikul beban memelihara anggota keluarga lain, yang bukan manusia, dan jawabannya tidak sepenuhnya jelas.
Banyak di antara kita berpendapat bahwa memiliki kucing peliharaan akan membantu mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak kita: bahwa anak yang belajar menghargai dan memelihara binatang peliharaan lebih besar kemungkinan mempunyai sikap yang peduli pada sesame manusia.

Di dalamnya ada juga nilai pendidikan.
Bila anak-anak kita belajar mengenai proses yang terjadi pada badan kucing dan cara menangani masalah kesehatan atau penyakit, mereka mungkin lebih siap menghadapi pengalamannya sendiri di kemudian hari.
Siklus hidup seekor kucing peliharaan rata-rata sekitar 15 tahun, dan mungkin sesuai dengan periode anak-anak kita tumbuh menjadi dewasa.
Hidup kucing peliharaan kita mungkin membantu keluarga kita mengajari mengenai tumbuh menjadi besar, belajar, usia lanjut, menderita, dan kematian.
Memelihara kucing sepanjang hidupnya mungkin mengajarkan kepada keluarga kita beberapa keterampilan ‘menjadi orangtua’ yang amat berharga.

Kehadiran seekor kucing dalam rumah tangga Anda dapat membantu anak-anak Anda untuk mengatasi kegelisahan, mengendalikan agresi, mengembangkan kesadaran diri dan menangani masalah yang muncul dalam hidup.

Hasil riset menunjukkan bahwa kalau orangtua atau saudara kandung mereka tidak di rumah, anak-anak akan sering berbicara pada kucing milik keluarga mengenai kesuksesan atau kegagalan yang dialaminya hari itu.
Menarik untuk dicatat bahwa besar kemungkinan anak-anak yang berhasil mengembangkan keterampilan social dan empati pada orang lain adalah anak yang meluangkan banyak waktu untuk berbicara secara akrab dengan binatang peliharaannya dan dengan kakek-neneknya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
cat lover who studied at Medical School, Jember University :)