RSS

Proses Penjinakan


Untuk kucing, seperti untuk binatang jinak lain, proses penjinakan terjadi dalam periode waktu yang panjang. Kucing liar mungkin berhubungan dengan manusia setelah manusia berhenti menjadi pemburu-pengumpul dan membentuk hunian permanen, menanam tanaman pangan, dan membangun lumbung biji-bijian. Lumbung biji-bijian pasti menarik tikus, yang kemudian menarik kucing liar.
Ahli pertanian yang berakal panjang pasti dengan cepat melihat keuntungan memanfaatkan kucing ini untuk membantu mengendalikan hama, jadi hubungan yang longgar namun saling menguntungkan mungkin ditempa.
Walaupun demikian kapan proses penjinakan dimulai tidak jelas, dan perkiraan kita tergantung pada hasil penemuan arkeologi dan penggalian sisa-sisa kucing yang dapat ditunjukkan berkaitan erat dengan manusia. Walaupun berbagai sisa-sisa kucing telah ditemukan di situs arkeologi Mesir diketahui berasal dari tahun 6700 SM, tidak ada bukti nyata bahwa itu adalah binatang yang sudah dijinakkan, dan lebih besar kemungkinan sisa-sisa itu adalah kucing liar. Bila Anda yakin bahwa menemukan kerangka kucingmyang dikuburkan bersama dengan kerangka manusia merupakan bukti bahwa kucing itu telah dijinakkan, maka situs penguburan berusia 7000 tahun di Mostagedda, di Mesir, cukup sebagai bukti. Penggalian di sana menemukan manusia dikuburkan dengan dua ekor binatang di kakinya: seekor kucing dan seekor gazelle.
Bila hasil penemuan itu tidak menyakinkan Anda, maka Anda harus maju ke depan selama 2500 tahun dan ke gambar kucing dalam seni kuburan Mesir. Kerangka kucing ditemukan di situs arkeologi di Lembah Indus, dari tahun 2000 SM, mungkin dari jenis yang sudah dijinakkan, dan lukisan prasasti dari periode yang sama menggambarkan kucing dalam situasi yang menyiratkan binatang ini sudah dijinakkan.
Wah ribet juga yah untuk mengetahui sejak kapan kucing mulai bisa dijinakkan oleh manusia ..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
cat lover who studied at Medical School, Jember University :)